Tuesday, December 25, 2007

BANJIR DIMANAMANA

nonton tv dalam sebulan ini, beritanya ga jauh dari banjir dimana mana. sumatera, jawa, kalimantan, sulawesi, semua tempat deh kayaknya. apalagi dalam beberapa hari ini hujan terus mengguyur negri kita tercinta (paling ga denpasar lah) dari hari minggu non stop !!!. lalu, banjir dan longsor melanda. Madiun, Mojokerto, Karanganyar, Wonogiri, Kota Baru, dll, terlalu banyak yang harus disebutkan...
lalu, apa kira2 penyeban banjir ?? AIR... tentu saja air.... tapi apa yang membuat air menjadi begitu banyak ???
mungkin isu yang paling hangat saat ini sangat relevan, perubahan iklim, deforestasi, dan hilangnya daerah2 resapan air secara besar2an. ga percaya ? coba deh amati daerah2 yang kena banjir, terutama yang terletak di kalimantan, sulawesi, dan sumatera. pasti di sekitarnya hutan2 telah pada gundul ditebangi para jahanam pelaku pembalakan haram. di jawa, terjadi karena banyak daerah hijau (terutama sawah) yang berubah jadi pemukiman. lalu, secara global, hujan nampaknya lebih senang turun sekaligus banyak dalam satu waktu dari pada menyebarkannya secara merata dalam rentang waktu yang lebih lama.

wah, cukup kompleks kayaknya kalo ngebahas kenapa banjir ini terjadi begitu merata di negri kita ini. lalu apa yang harus kita lakukan ???
nampaknya tahun depan kita harus lebih memperhatikan kondisi lingkungan sekitar kita. pemerintah sebagai pengemban amanat rakyat harus berani berbuat ekstrem. beberapa hal yang saya berani usulkan :
1) kurangi konversi lahan hijau menjadi peruntukan lainnya;
2) perbanyak rumah model rumah susun atau apartemen, tidak lagi rumah konvensional yang akan menghabiskan banyak lahan.
3) pemerintah pusat harus berani mengentikan kegiatan eksploitasi hutan yang melibatkan deforestasi, apapun alasannya, apapun konsekuensinya.
4) terapkan penyadaran masyarakan untuk sadar lingkungan.
5) terapkan teknologi pengolahan sampah yang ramah lingkungan (misalnya biogas ???, usaha daur ulang, dll)
ah... kayaknya masih banyak sih yang bisa dilakukan.... seperti yang selalu a agym katakan "mulai dari diri sendiri, mulai dari hal yang kecil, mulai dari sekarang".... apa yang bisa dilakukan, tergantung kita masing2...

GREEN LIFE

No comments: